Senin, 15 Oktober 2018

Test Ketergantunga Nikotin

Dalam laporan kunjungan klinik perusahaan, penyakit terbanyak yang sering dijumpai adalah ISPA, selain lingkungan kerja yang banyak debu, faktor kebiasaan merokok karyawan juga memicu sering ada keluhan batuk. Kebiasaan merokok sulit dihilangkan karea ada paparan nikotin sebagai salah satu zat kimia dalam rokok yang bisa membuat orang ketagihan. Untuk mengetahui kadar ketergantungan terhadap nikotin bisa dilakukan melalui tes ini.

Nikotin dalam rokok memberikan efek euforia bagi perokok. Kondisi ini terjadi karena adanya hasil perubahan kimia dalam otak yang terjadi sejak 7 detik dari kepulan pertama asap rokok. Nikotin ini nantinya akan menempel pada reseptor di otak yang berfungsi mengatur pernapasan dan detak jantung.

Rabu, 10 Oktober 2018

6 Kebiasaan sehari- hari yang menyebabkan gigi rusak


Hasil Medical cek Up perusahaan sering kita jumpai bahwa 40% karyawan ditemukan mempunyai masalah kesehatan gigi, dan yang paling banyak adalah gigi rusak keropos sampai  berlubang , dan hal ini berulang setiap medical cek up dengan hasil yang kurang lebih sama bahkan lebih banyak ditahun berikutnya karena tidak ada follow up. untuk mencegah kerusakan gigi, berikut ini 6 kebiasaan sehari hari yang menyebabkan gigi rusak yang bisa dihindari oleh karyawan pabrik, karena selama ini  tanpa sadar karyawan sering malukakannya karena sudah menjadi kebiasaan :

gigi rusak okaydoc1. Sering mengkonsumsi  makanan dan minuman perusak gigi misal:

Jumat, 05 Oktober 2018

DEFINISI MUSCULOSKELETAL DISORDERS ( MSDS )

Menurut OSHA ( 2002 ), MSDs merupakan sekumpulan gejala / gangguan yang berkaitan dengan jaringan otot, tendon, ligament, kartilago, system syaraf, struktur tulang, dan pembuluh darah. MSDs pada awalnya menyebabkan rasa sakit, nyeri, mati rasa, kesemutan, bengkak, kekakuan, gemetar, gangguan tidur, dan rasa terbakar. Menurut National Safety Council ( 2002 ),  MSDs juga bisa diartikan sebagai gangguan fungsi normal dari otot, tendon, saraf, pembuluh darah, tulang dan ligament akibat berubahnya struktur dan berubahnya system muskuloskeletal. MSDs adalah cidera atau jaringan seperti otot, tendon, ligament, tulang sendi, tulang rawan ataupun pembuluh darah. Rasa sakit akibat MSDs dapat digambarkan seperti kaku, tidak fleksibel, panas / terbakar, kesemutan, mati rasa, dingin dan rasa tidak nyaman. Keluhan muskuloskeletal adalah keluhan pada bagian otot skeletal yang dirasakan oleh seseorang mulai dari keluhan ringan hingga keluhan yang terasa sangat sakit ( Humantech, 2003 ).

Sinonim MSDs
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya , MSDs bukanlah diagnosis klinis, melainkan rasa nyeri karena kumpulan cedera pada sistem muskuloskeletal ekstremitas atas akibat gerakan kerja biomekanik berulang - ulang, Pada beberapa negara, digunakan istilah yang berbeda - beda untuk menggambarkan kejadian MSDs tersebut, diantaranya ( NIOSH, 1997 ) :
  1. Cumulative Trauma Disorders ( CTDs )
  2. Repetitive Strain Injuries ( RSIs )
  3. Occupational Overuse Syndrome
  4. Neck and limb Disorders
  5. Overruse Syndrome
  6. Wear and Tear Disorders
  7. Occupational Cervico Bracial Disorders ( OCD )