Selasa, 25 September 2018

KESEHATAN TEMPAT KERJA YANG PERLU DIPERHATIKAN HRD

          Sebagai seorang profesional HR, Anda memiliki tanggung jawab atas karyawan perusahaan anda dan anda harus mengerti bahwa orang - orang yang bekerja untuk anda merupakan antung dari sebuah perusahaan yang sukses. SDM merupakan inti dari sebuah bagian operasional sebuah perusahaan, mulai dari desain teknologi sampai distribusi produk uga dalam layanan pengantaran langsung ke klien. Tanpa itu seluruh operasional perusahaan akan berantakan. SDM anda mungkin akan berisikan orang - orang berbakat tapi mereka bisa keluar kapan saja mereka mau kecuali perusahaan belajar bagaimana mempertahankan mereka.
           Perusahaan sekarang mencari cara untuk meningkatkan status kesehatan dan kesejahteraan karyawan karena sebuah penelitian menemukan bahwa perilaku kerja, kehadiran dan kinerja secara langsung dipengarui oleh status kesehatan karyawan. Dengan kata lain, karyawan yang lebih sehat akan menghasilkan tingkat produktivitas yang lebih tinggi dan angkatan kerja yang lebih bahagia secara keseluruhan. Oleh karena itu, progam kesehatan perusahaan sebagian besar menjadi tren yang mempengaruhi bisnis dari semua bidang.
              Bagi HRD, tugas untuk mencari inovasi baru dalam menaga kesehatan karyawan dan terlibat langsung dalam progam kesehatan kini menjadi lebih penting dari sebelumnya. Untuk membantu anda memulainya, silahkan perhatikan tren kesehatan ditempat kerja, berikut dan perhatikan juga bagaimana anda bisa mengintegrasikan di tempat kerja anda :

1. Makanan Untuk Pikiran
           Anda adalah apa yang anda makan dan tahun ini, itu semua tentang bagaimana cara untuk membuat makanan sehat selalu tersedia untuk karyawan anda. Usulkan gagasan ke manajemen tingkat atas untuk dapat menyediakan stok buah yang cukup yang selalu distok sepanjang minggu di pantry. Jika inisiatif ini tidak sesuai anggaran perusahaan, tingkatkan kesadaran karyawan anda dengan mengirimkan tips tentang pola makan yang sehat di buletin.

 2. Pengunaan Pendeteksi Kebugaran
              Saat ini banyak perusahaan membangun progam kesehatan mereka dengan menggunakan teknologi baru ini. Sangat masuk akal untuk mendeteksi data kebugaran karyawan anda karena memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai status kesehatan karyawan anda dan kemudian anda dapat memanfaatkan data ini untuk memetakan progam perawatan kesehatan yang lebih efektif yang sesuai untuk karyawan anda. Mulailah dengan mensponsori orang - orang yg mau menggunakan alat ini atau setidaknya berikan insentif kepada karyawan partisipan penggunaan alat ini untuk mendorong mereka menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

3. Manajemen Stress
                 Stres pada dasarnya bukanlah sebuah tren tapi hal besar yang umum terjadi yang selalu mempengaruhi kesehatan karyawan anda. survey yang dilakukan oleh 2015/2016 Staying @ Work Survey. mengungkapkan bahwa pengusaha dan karyawan tidak pernah bertatap muka secara langsung ketika sesuatu menjadi penyebab stres di tempat kerja. Pertimbangan untuk berbicara dengan karyawan anda tentang tingkat stres mereka dan bagaimana mereka mengatasinya. Begitu anda telah mengidentifikasi hal yang menjadi penyebabnya, Anda kemudian dapat menerapkan progam manajemen stres yang sesuai untuk membantu mencegah kelelahan karyawan dan kondisi kesehatan serius lainya.

4. Fleksibilitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar